Penyebab Cedera Otak yang Dialami Oleh Penduduk di Texas

Penyebab Cedera Otak yang Dialami Oleh Penduduk di Texas post thumbnail image

Penyebab Cedera Otak yang Banyak Dialami Oleh Penduduk di Texas – Salah satu permasalahan kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh penduduk Texas yaitu cedera otak. Bahkan menurut BITX setidaknya terdapat 144.000 orang di Texas yang mengalami cedera otak traumatis setiap tahunnya. Tidak sedikit diantara penderitanya mengalami kelumpuhan dikarenakan cedera otak yang tidak segera diatasi sehingga menyebabkan orang itu kesulitan dalam beradaptasi dengan dunia sekitar. Lantas apa pemicu dari terjadinya cedera otak yang dialami penduduk Texas itu?

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Cedera Otak dan Perlu Diketahui

Cedera otak merupakan jenis penyakit yang bisa dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dimana penyebabnya dari cedera otak itu biasanya dikelompokkan menjadi dua yakin traumatik dan non traumatik. Untuk lebih jelasnya tentang penyebab dari cedera otak tersebut langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

1. Cedera Otak Traumatik

Hampir sebagian besar penyebab dari cedera otak yang dialami oleh penduduk Texas itu dikarenakan faktor traumatik. Adapun beberapa faktor traumatik yang bisa mengakibatkan terjadinya cedera otak pada seseorang.

2. Ledakan

Faktor traumatik pertama yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami cedera otak dikarenakan ledakan. Umumnya kondisi ini dialami oleh para personil militer yang sedang menjalankan tugas. Pada saat kepala terkena ledakan nantinya terjadi gelombang tekanan yang masuk melalui otak secara drastis sehingga mengganggu fungsinya.

3. Cedera Akibat Olahraga

Tidak sedikit orang yang mengalami gegar otak itu dikarenakan oleh cedera dari berbagai kegiatan olahraga. Adapun Beberapa jenis olahraga yang sering menjadi penyebab dari cedera otak itu seperti sepak bola, bisbol, football, skateboard, tinju dan hal-hal ekstrim lainnya. Untuk cedera otak yang diakibatkan oleh olahraga ini umumnya dialami pada kalangan usia muda.

4. Jatuh

Jatuh juga termasuk ke dalam penyebab dari seseorang mengalami cedera otak traumatis. Kebanyakan orang yang terkena cedera otak traumatis diakibatkan jatuh ini karena terpeleset di kamar mandi. Di mana paling banyak orang yang mengalami cedera otak karena terjatuh ini adalah kalangan orang dewasa.

5. Kecelakaan

Kecelakaan yang melibatkan motor dengan sepeda atau sebaliknya juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami cedera otak traumatis. Alasan mengapa kecelakaan ini bisa mengakibatkan cedera otak traumatis dikarenakan ketika orang itu terjatuh maka bagian kepala akan terbentur dengan aspal. Sehingga membuatnya hilang ingatan.

6. Kekerasan

Sekitar 20% cedera otak yang dialami oleh penderita itu disebabkan karena adanya kekerasan. Contoh dari kekerasan di sini meliputi tembakan, KDRT dan penyiksaan anak. Bukan hanya itu saja namun sindrom guncangan banjir juga bisa membuat seseorang mengalami cedera otak traumatik yang mengakibatkan sel-sel otak menjadi rusak.

Apa Saja Gejala Seseorang Sedang Mengalami Cedera Otak Itu?

Pada dasarnya untuk mengetahui seseorang sedang mengalami cedera otak atau tidak itu sangatlah mudah. Bahkan tidak sedikit gejalanya bisa dilihat dengan kasat mata. Adapun beberapa gejala dari seseorang yang sedang mengalami cedera otak seperti berikut ini.Pada bagian hidung dan telinga sering mengeluarkan cairan.

  • ┬áSeseorang yang mengalami cedera otak akan kehilangan kesadaran.
  • Penderita cedera otak akan mengalami perubahan pada penglihatan yang menjadi kabur atau ganda. Bahkan tidak sedikit juga penderita yang sudah parah penglihatannya akan kabur atau buta.
  • Mengalami permasalahan terkait keseimbangan.
  • Kesulitan dalam bernafas.
  • Detak jantung yang menjadi lambat dikarenakan peningkatan tekanan darah.
  • Telinga berdengung dan mengalami perubahan kemampuan mendengar.
  • Kesulitan dalam berpikir terkait memori dan penilaian baik buruk.
  • Kedua mata mengalami bengkak dan memar.
  • Perubahan pada ukuran pupil mata.
  • Ketidakmampuan dalam menggerakkan lengan dan kaki seperti biasa.
  • Kesulitan dalam berkomunikasi dan merasakan kaku pada leher.
  • Kerusakan pada tulang tengkorak dan wajah.

Penyebab Cedera Otak yang Dialami Oleh Penduduk di Texas

Beberapa Gejala Bayi yang Mengalami Cedera Otak

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya di mana cedera otak ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat usia penderita. Bahkan bisa dialami oleh bayi dan anak kecil. Umumnya ciri-ciri seorang bayi sedang mengalami cedera otak mereka akan kesulitan dalam berkomunikasi dikarenakan rasa sakit pada kepalanya. Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi ciri-ciri seorang bayi yang mengalami cedera otak seperti di bawah ini.

  • Mengalami perubahan dalam kebiasaan makan dan menyusui.
  • Perubahan kebiasaan tidur dari bayi yang menderita cedera otak tersebut.
  • Suasana hati menjadi sedih bahkan depresi.
  • Kehilangan minat untuk bermain dan beraktivitas dengan lingkungan sekitar.
  • Mengalami perubahan dalam kemampuan untuk memperhatikan.
  • Memiliki sifat mudah marah.
  • Sering menangis dan sulit untuk dihibur.
  • Anak mengalami kejang.

Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mengalami Kecelakaan Agar Tidak Terjadi Cedera Otak

Ketika Anda melihat orang di sekitar mengalami benturan dikarenakan kecelakaan segeralah memberikan pertolongan pertama agar tidak terjadi cedera otak yang parah. Adapun beberapa pertolongan yang bisa Anda berikan kepada orang tersebut seperti berikut ini.

Hindarilah untuk mengubah posisi penderita terutama pada bagian leher dan melepaskan helm dari kepala.
Cobalah untuk menghentikan pendarahan dengan cara menekan bagian tubuh yang ada darahnya dengan kain kasa atau tisu bersih. Tapi sebaiknya jangan lakukan hal itu karena kemungkinan besar penderita mengalami patah tulang.
Apabila penderita itu kesulitan dalam bernafas segeralah memberikan bantuan berupa CPR.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa penyebab dari cedera otak yang sering dialami oleh penduduk Texas. Jika gejalanya sudah parah segeralah untuk membawanya ke dokter agar bisa mendapatkan pertolongan yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post